22 Juli 2008

DORAEMON : Cartoon forever

Rasanya tidak adil kalo kita tidak membahas serial kartun Jepang DORAEMON yg sejak tahun 1991 disiarkan oleh RCTI setiap Minggu pagi sampai sekarang (Wuiiih, 17 tahun = bisa masuk rekor Muri nih sebagai program televisi terlama yg pernah ditayangkan) yg juga jadi ikon tahun 90-an.

Tapi daripada repot2 nulis lagi dan menceritakan kembali, berikut saya paste-kan saja tulisan tentang Doraemon dari http://vetomichi.wordpress.com/category/kartun/ :


Doraemon adalah sebuah manga (komik) populer yang dikarang Fujiko F. Fujio sejak tahun 1970 dan sudah diangkat menjadi serial kartun (anime) serta film lepas. Berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 4 SD yang bernama Nobi Nobita (gambar kanan bawah) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Nobita, setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau setelah diganggu oleh Giant dan Suneo, akan selalu mendatangi Doraemon untuk bantuannya. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya “baling-baling bambu” dan “Pintu ke Mana Saja”. Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

Beberapa tokoh utama dalam serial dan komiknya :

1. Doraemon (di-dubbing oleh Nurhasanah)
Robot kucing berwarna biru dari abad ke-22 yang dikirim ke abad ke-20 untuk menolong Nobita. Lahir pada 3 September 2112. Tinggi badannya 129,3 cm dan berbobot 129,3 kg. Makanan kesukaannya adalah dorayaki. Doraemon sangat menyayangi dan setia kepada Nobita. Seringkali ia menolong Nobita walaupun ia sendiri dalam kesusahan.

Sebenarnya, Doraemon dibuat untuk keperluan rumah tangga keluarga kaya. Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Sebuah kesalahan terjadi ketika ia menjalani proses produksi sehingga ia gagal melewati tes dan dilelang kepada keluarga miskin, yang terlilit banyak utang, yang tak lain keluarga keturunan Nobi Nobita sebagai pengasuh anak keluarga itu. Suatu hari sebuah robot tikus menggigit daun telinganya sampai hancur, sehingga terpaksa diamputasi. Doraemon menangis dan terus menangis, ia mencoba untuk mengembalikan telinganya kembali dengan cairan penumbuh, tetapi ia mengambil cairan yang salah dan akhirnya melunturkan cat ditubuhnya yang semula kuning menjadi warna dasarnya, biru. Ia pun berubah menjadi seperti sekarang ini: sebuah robot kucing berwarna biru, tanpa daun telinga.

Sampai suatu ketika, keluarganya mengirimkan ia kembali ke masa lalu, kira-kira 250 tahun yang lalu, zaman dimana leluhur keluarga ini, masih hidup di Tokyo. Misinya adalah untuk menolong Nobi Nobita, buyut dari Sewashi, pemilik doraemon. Nobita adalah seorang anak yang selalu mengalami nasib sial dan tak punya kemampuan apa-apa. Ia bodoh dalam pelajaran sekolah dan tidak bisa berolahraga, Nobita hanya berbakat dalam tembak-menembak dan tidur; kemampuan yang hampir tak berguna di zaman Jepang modern. Inilah alasan mengapa ia gagal menjalani kehidupannya. Dan Doraemon dikirim dari masa depan untuk menjadikannya seorang pria yang sukses. Sangat ironis, sebuah robot gagal datang membantu seorang anak yang gagal. Tetapi pada kenyataannya, persahabatan kedua anak ini membuat mereka menjadi seseorang yang lebih baik.

Doraemon tiba di tahun 1969, pada hari Tahun Baru Jepang. Ia keluar dari laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita, misinya adalah untuk mencegah Nobita menjadi orang gagal. Setiap kali Nobita tertimpa masalah, Doraemon akan segera membantu dengan alat-alat ajaibnya.

Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena ketika mereka menjelajah ke masa depan, Nobita melihat dirinya menikah dengan Shizuka, bukan dengan Jaiko. Dia juga melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih baik daripada ketika Sewashi mengirim Doraemon dulu; bahkan keturunan Nobi mampu membeli robot yang "tidak gagal", Dorami.

Meskipun gagal dalam proses produksi, Doraemon tetap menjadi sebuah robot canggih yang memiliki alat-alat ajaib yang mampu memecahkan semua masalah. Ia juga pengertian dan memiliki rasa kasih sayang; ketika Nobita menangis dan merengek kepadanya, Doraemon dengan senang hati mendengarkan semua keluhan dan membantunya. Doraemon juga mampu memahami perasaan manusia, baik itu sedih, takut, marah, gembira, simpati, dan lainnya. Ia mempelajarinya, dan bertindak sesuai apa yang ia pelajari; ia dapat berteriak kegirangan, meloncat ketakutan, dan mengangis haru. Singkatnya, ia menjadi sebuah robot yang memiliki perasaan seperti manusia.

2. Nobi Nobita (atau Nobita Nobi, di-dubbing oleh Ivone Rose)

Anak kelas 5 SD yang pemalas dan sering diganggu oleh temannya sendiri, Giant dan Suneo. Tidak pandai dalam olahraga dan meskipun bermata empat (berkacamata), ia tidak pandai dalam pelajaran sekolah. Sifatnya yang terlalu baik dan suka menolong terkadang malah menyeretnya ke dalam masalah. Namun separah apapun, pada akhirnya Nobita akan selalu bergembira.

Nobita sering terlambat ke sekolah, lupa mengerjakan PR, tidak bisa mengerjakan soal2 yg diberikan Pak Guru) dan mendapat nilai 0 (nol) di setiap ulangan (terutama matematika) sehingga ia selalu dimarahi ibunya habis2an kalau ketahuan mendapat nilai 0. Hobinya adalah bermain karet — hobi yang tak lazim untuk anak laki-laki di Jepang — dan mengumpulkan tutup botol. Nobita juga mudah sekali percaya apa kata orang.

Nobita jatuh cinta kepada teman sekelas dan sepermainannya yg paling cantik, Shizuka, dan ia selalu cemburu kalau Shizuka pergi berdua dengan Dekisugi, teman sekelasnya yang cakep + pinter. Setiap benda ajaib yang dikeluarkan Doraemon pasti pertama kali dipamerkannya di depan Shizuka. Dan anehnya beberapa plot cerita malah menjodohkannya dengan Jaiko, adik Giant (Jaian).

Nobita suka memakai baju berwarna kuning, kadang bergaris2 si tengah dan memakai celana pendek biru atau hitam.

3. Minamoto Shizuka (di-dubbing oleh Prabawati Sukarta)
Cewek yang disukai Nobita yang di masa depan nanti akan menikah dengan Nobita walau di masa sekarang ia lebih dekat dengan Dekisugi. Ia selalu membela Nobita jika Nobita dikerjai Giant dan Suneo. Ia juga serius tetapi baik hati, alasannya menikah dengan Nobita pun karena ia tak tega melihat Nobita yang malang dan selalu sial. Kesukannya adalah berendam di air panas dan makan ubi manis bakar.

Shizuka hobi memainkan biola dan piano, meskipun suara yang dihasilkannya tak jauh berbeda dengan suara nyanyian Giant. Shizuka juga sering memakai baju dan rok berwarna pink dan rambutnya selalu dikucir dua.

4. Giant (Jaian, sorry nama dubbernya lupa)
Seorang teman Nobita yg nakal dan suka mengganggu orang lain. Nama aslinya adalah Takeshi Goda (Shizuka, Pak Guru dan Ibunya selalu memanggilnya dengan sebutah Takeshi) tetapi dia selalu disebut giant atau raksasa karena badannya yg besar. Giant cepat marah dan sangat senang menyanyi walaupun suaranya kurang memadai. Ia juga sering mengadakan konser di lapangan dan mengundang (atau lebih tepatnya memaksa) semua temannya untuk datang dan mendengarkan, walaupun sebenarnya mereka tidak suka. Cita-citanya adalah menjadi penyanyi dan bisa tampil di televisi. Namun dibalik semua itu, Giant adalah seorang anak kuat yang dapat diandalkan ketika teman-temannya berada dalam kesulitan.

Giant memiliki seekor anjing peliharaan bernama Muku. Hal yang ditakuti oleh Giant adalah Ibunya yang selalu memarahinya jika dia kabur ketika disuruh menjaga toko. dan kadang2, tanpa alasan yang jelas, Giant suka marah2 dan memukuli teman2 yang sedang lewat di depannya, tak terkecuali Nobita yang sering menjadi sasaran kemarahannya.

5. Suneo (didubbing oleh Hamdani Hasni)

Nama lengkapnya Suneo Honekawa. Anak dari keluarga kaya ini sering memamerkan kekayaannya di depan Nobita dan teman2nya sehingga membuat Nobita merengek ke Doraemon agar bisa menyaingi Suneo. Walaupun begitu, Suneo sebenarnya adalah seorang anak yang sangat manja, mudah menyerah, dan penakut. Ia juga seorang narsis dan sering berbohong untuk menjaga harga dirinya. Teman terdekatnya adalah Giant meskipun sebenarnya ia memendam dendam terhadap Giant yang suka mengambil dan merusak mainannya.

Tokoh2 Lain :
1. Ayah dan Ibu Nobita (nama aslinya : Nobisuke Nobi dan Tamako Kataoka)
2. Dorami (adik perempuan Doraemon): biasanya muncul untuk menggantikan ketidakhadiran Doraemon
3. Dekisugi: anak pintar + cakep yg sering dekat dengan Shizuka sehingga membuat Nobita cemburu.
4. Pak Guru :galak dan sering menghukum pada Nobita karena terlambat masuk sekolah, tidak mengerjakan PR, mendapat nilai O atau tidur di kelas .
5. Jaiko (adik perempuan Jaian) : pandai menggambar dan membuat cerita komik. Diceritakan menyukai Nobita.
6. Michan (kucing tetangga) : pacar Doraemon.
7. Muku : anjing Jaian yang penakut.

Yang membedakan serial Doraemon jaman dulu sama sekarang adalah kalo pada jaman dulu (90-an) setelah jingle opening diperkenalkan nama2 tokoh, setelah itu pasti "Acara ini disponsori oleh...." blablabla... deretan nama produk yg beriklan. Yang pasti dulu yang sering disebutin : Ajinomoto, Masako dan permen Jagoan Neon
Masih hapal khan lagu jingle openingnya. Mari kita menyannyi bersama2 :

Aku ingin begini,
aku ingin begitu.
Ingin ini, ingin itu,
banyak sekali

Semua semua semua
dapat dikabulkan
Dapat dikabulkan
dengan kantong ajaib

Aku ingin terbang bebas
di angkasa
“Hey! Baling baling bambu”

Lalala...

Aku sayang sekali...

Doraemon..

6 komentar:

Anonim mengatakan...

setujuu bgt,aku penggemar doraemon bgt dan bs dikatakan msh aktif nonton meski kadang kelewat wktunya karena bebarengan olahragaku tiap minggu pagi...
aku suka doraemon karena doraemon baek hati dan yang perlu diambil benang merahny adalah dia tidak pilih" dalam membantu kesulitan meski sebelumnya dia pernah disakitin..
sangat jarang ya kita melihat orang saat ini yang mempunyai sifat kayak doraemon.
intinya doraemon film yang menghibur, menyenangkan dan tidak membosankan untuk dilihat. terusin jaa film ini karena banyak segi positifnya daripada negatifnya.oasis

b48eh mengatakan...

emang keren Doraemon mah..
tapi yang sekarang saya kurang suka dengan suara dubbingnya...
lebih baik yang dahulu,,,

Anonim mengatakan...

Berita duka : Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun. Telah berpulang ke Rakhmatullah Bapak Hamdani Hasni pengisi suara Suneo hari ini tadi pagi. Beliau pergi menyusul Bapak Is "Giant" Andespa yang sudah meninggal lebih awal sekitar tahun 2006 atau 2008 dahulu. Semoga amal mereka bisa diterima di sisinya, diampuni segala dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

Dody

setiyo mengatakan...

Dear admin, senang sekali ada blog yg khusus membahas ttg 90-an :)...sedikit komen ttg kartun 90-an, kenapa Dragon Ball yang booming di Indosiar (qlu ga salah setiap minggu jam 09.30 pagi ya...)sampe diulang 3x penayangan seingat saya..koq ga ditampilkan diblog 90-an yaa...saya demen banget sama karakter Picoollo,Son Gohan,Mr Popo,Kamesenin/Mutenroshi dan Tensinhan si mata tiga...masukin dung...:) thanks yaa...bro mampir juga ya di blog aq yg mengangkat ttg classic disco taon 90-an juga :)

Anonim mengatakan...

Kok ga ada yang ulas Gavan dan Sharivan yah? Gavan emang 80-an akhir, tapi Sharivan itu awal 90. Ayo....ayo...ditunggu nih artikelnya.

Mari Yani mengatakan...

Tontonan kartun yg wajib dtunggu saban minggu pagi zmn q kecil nch:-)