19 Oktober 2008

Galeri Acara Komedi Televisi 90-an

A. Sitkom
1. Spesial Pake Telor (SPT)
Disiarkan di ANteve. Berkisah tentang kehidupan anak kos2an. Dibintangi oleh : Niko Siahaan, Farhan

2. P-Project
Digawangi anak2 Project P (Daan Arya, Iszur Muchtar, Deni Chandra, Iyang Darmawan, Joe Hana) dan Project Pop (Tika Panggabean, Yossy, Udjo, Gugum, Roni). Menghadirkan sketsa komedi bercerita tentang perjalanan melintas waktu ala "Quantum Leap". Daan Arya menjadi tokoh utamanya dan Deni Candra sebagai "Zyggy"-nya. Setiap episode beda setting cerita : ada kisah sejarah (seperti misalnya Colombus, penaklukan Antartika), legenda (Sangkuriang, Yeti) sampai cerita serial di televisi (Maria Mercedes, Tintin). Ditayangkan di SCTV.

3. Keluarga van Danoe
Ditayangkan di RCTI. Berkisah tentang sebuah keluarga tajir keturunan Belanda. Dibintangi oleh : Robby Tumewu sbg Meneer Van Danoe, Ferina Widodo (Kokom, Nyonya Van Danoe), Debby Sahertian (Koba, adik Van Danoe), Ari Wibowo dan Dina Lorenza (sbg anak2 Van Danoe), Widodo (sbg sopir)

4. Hari-Hari Mau
Diatayangkan di ANteve. Ada 5 sketsa tetap di tiap episodenya : Dokter Sanusi, Depot Repot, Jakarta Punya Berita, Kembali Ke Sekolah dan Keluarga Kembang.
- Dokter Sanusi mengisahkan keseharian seorang Dokter (Harry De Fretes yg punya suster yg cakep, namanya suster Popon (Becky Tumewu) di tempat prakteknya menghadapi para pasien.
- Depot Repot mengisahkan repotnya mengurus sebuah Warung (Depot) yg dimiliki oleh Boim (Harry De Fretes ) dibantu oleh seorang karyawannya yg bernama Cepot (Jodhy)
- Jakarta Punya Berita, dengan format ala acara berita di televisi dengan anchor : Indra Safera dan Becky Tumewu dan reporter luar Harry de Fretes.
- Kembali Ke Sekolah menceritakan keseharian sebuah kelas yang diajar oleh ibu guru yg cantik : Bu Lisbet (Becky Tumewu). Murid-muridnya nakal2 kecuali Boni (Harry De Fretes). Dimeriahka oleh Denada, Ade Juwita, Jodhy dan Indra Safera sebagai murid2 nakal.
- Keluarga Kembang menceritakan kisah keseharian keluarga yang bisnis toko kembang : Pak Noldi (Harry De Fretes) yg punya 2 orang anak perempuan yg beda watak dan wujudnya : Mawar (Ade Juwita) dan Melati (Denada)

5. WC Umum (Wadah Celoteh Umpama-umpama)
Sitayangkan di SCTV. Berformat 100% sketsa parodi dan dipandu oleh Sys NS.

B. Lenong
1. Lenong Rumpi
Di tanyangkan di RCTI. Lupa2 inget sih ama acara ini. Yang jelas kayaknya pemain2nya pecah jadi 2 : ada yg ikut Keluarga Van Danoe ada yg ikut Hari-hari Mau
Acara ini pernah dibikinin film layar lebarnya, dengan judul sama tapi dengan konsep dan cerita yang berbeda

2. Lenong Bocah
Ditayangkan di TPI dengan pemain yg masih usia anak2 yang tergabung dalam Sanggar Ananda pimpinan Aditya Gumay. Mengisahkan sebuah keluarga : Babe (Herwin), Nyak (???), Udin (anak pertama = Noval Kurnia), Umi (anak kedua = Okky Lukman) dan Puput (anak ketiga = Putri). Keluarga ini memiliki tetangga yg judes dan suka bergosip bernama Mpok Lisa (Melissa Grace)

3. Ngelaba (Ngerumpi Lewat Banyolan)
Diawaki oleh Patrio (Parto, Akri, Eko) ditayangkan di TPI dan tiap episode mengambil tema yg berbeda dan dimeriahkan oleh bintang tamu yg berbeda pula.

4. Ngacirr (Ngajak Nyengirr)
Konsep mirip dengan Ngelaba, juga ditayangkan di TPI. Dimainkan oleh trio Cagur (Narji, Wendy, Denny)

C. Sinetron
1. Jin dan Jun
Ditayangkan di RCTI. Mengisahkan ttg seorang anak SMA bernama Junaedi / Jun (Sahrul Gunawan) yg menemukan botol di sebuah pantai. Setelah dibuka ternyata ada Jinnya. Jun memanggil Jin itu (*maap lupa nama pemainnya*) dgn sebutan Om Jin yg membantunya dalam setiap kesulitn yg ada.
Dimeriahkan oleh : Misye Arsita (Mama), Fuad Baradja (Papa/ Pak Bondan), Mira Asmara (Kakak Jun/ Mbak Desy)

2. Tuyul dan Mbak Yul
Ditayangkan juga di RCTI. Mengisahkan ttg seorang Tuyul bernama Ucil (Onni Sahrial) yg melarikan diri dari dunia Tuyul karena tidak mau mencuri. Dia dikejar2 oleh 2 tuyul algojo yg konyol bernama Sontol dan Bongol. Ucil ketemu cewek bernama Mbak Yul (Dominiq Sanda) dan diangkat menjadi adiknya karena cuma Mbak Yul yg bisa lihat dia tanpa pake baju manusia. Ucil punya bodyguard yg bernama Kentung dan Kentang.
Ada suatu episode yg menghubungkan antara sinetron TUyul dan Mbak Yul dengan Jin dan Jun. Dimeriahkan juga oleh Elsa Mayori.

3. Jinny oh Jinny
Ditayangkan di SCTV. Mengisahkan seorang permuda bernama Bagus (Indra Brugman), yg bekerja mencari mutiara untuk Boznya (Eko DY). Dia menemukan sebuah kerang yg ternyata berisi seorang Jinny (Diana Pungky). Si Jinny dan Bagus saling jatuh cinta dan suka ngerjain si Boz dan Jaka, kawan Bagus (???) dengan hal2 yg tidak masuk akal.

4. Si Manis Jembatan Ancol
Pertama kali ditayangkan di RCTI (dgn pemeran utama Diah Permatasari sbg Si Manis) kemudian pindah ke Indosiar (dgn pemeran utama Kiky Fatmala sbg Si Manis). Mengisahkan ttg hantu Si Manis yg sezy yg membalaskan kejahatan yg dilakukan org jahat. Dalam menjalankan aksinya Si Manis selalu ditemani oleh sahabatnya, hantu bencong botak (diperankan oleh Ozzy Syahputra)

5. Si Modi
Ditayangkan di RCTI. Berkisah ttg sebuah rumah kos2an cewek yg berhantu. Si Modi (Pak Tile), hantu pak tua yg genit dan nakal merupakan almarhum suami ibu kos yg diperankan oleh Ully Artha.


D. CandidCamera
1. Spontan
Semula ditayangkan di SCTV, kemudian sempat pindah2 stasiun televisi. Dengan host : Komeng, Ulfa dan Mpok Atiek
selain menayangkan video ngerjain orang yg merupakan segmen utamanya, di Spontan juga ada segmen drama pantomim (Tom Jerry dan Udin, Den Bagus), "Dubbing Binatang", dan Video Kiriman Pemirsa
Dimeriahkan juga oleh Septian Dwi Cahyo sbg Den Bagus, Rudy Sipit, Mamo dan Jarwo
Jargon acara ini : "Hu Hui....."

2. Reaksi
Ditayangkan di RCTI. Sedikit meniru konsep Spontan yg menayangkan video ngerjain orang. Acara ini dipandu oleh Rina Gunawan dan *satu lagi siapa lupa nmanya* juga menayangkan parodi iklan.
Jargon acara ini : "Ek ok" tapi kemudian diganti "Cha chao.."

8 komentar:

T A T A R I mengatakan...

mas..mas..TOP banget blognyaaaaa
update dooonnkkkk
^^

Anonim mengatakan...

wah,ternyata ada blog 90an juga selain blog saya. Salam kenal mas, saya juga blogger pecinta nostalgia 90an.


Salam Kenal
KEVIN
Blog : www.nostalgia-90an.com
Nostalgia Segala Sesuatu di tahun 90an

dejongstebroer mengatakan...

@kevin : trimz eaa,,, aq lg ingung nih gk ada ide bwt posting lg,,,
gmn dunk???? :p

mr ramli mengatakan...

mas, tau gak ost nya modi juragan kost ?
aku dah cari tapi gak ketemu juga..
tolong donk..
klo bisa linknya juga

mr ramli mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dejongstebroer mengatakan...

owh,, Mody yg tokoh utamanya Pak Tile itu khan?? yg jadi hantu???
trs ada Ully Artha yg jd ibu kosnya???

yeaa,, nti takcariin bahannya, kpn2 dibahas khusus ttg Mody :D

Ade mengatakan...

SPONTAN UHUYYY, GW Pengen Bikin Blog Khusus Film Spontan,,, cuman Film nye gak tau nyari dimane... haha...
Pengen Banget Nonton Binatang Ngomong Bareng Komeng...
Skarang sih gw lagi naekin Website di halaman 1, baru nyampe halaman 2, nih website saya www.semeruantenaparabola.com
Yang punya atau tau koleksi film spontan tolong kasih tau saya ya, sms 083804837774.

Dimas Maulana mengatakan...

Ralat bro yang acaranya Cagur bukan Ngaciir tapi Chating (Canda itu Penting) formasi awalnya masih ada Bedu Tohar (yang pasti ada Denny dan Narji) terus di pertengahan 2002 Bedu keluar dari Cagur dan masuk Wendy Atmoko tahun 2003 kalau Ngaciir tayangnya di RCTI dengan hostnya anak didiknya Ramon Papana Tommybens (Reza Bukan, Farid Aja, Alm Ade Namnung, dan plus Alm Taufik Savalas)